Pentingnya Sarapan Pagi

Sebagai manusia yang hidup di era instan dan cepat seperti sekarang, kadang kita suka ngelupain hal-hal kecil yang sebenernya penting untuk dilakukan. Contoh paling gampang adalah kita suka ngelupain sarapan pagi. hmmm emang sepenting apa sih sarapan pagi itu??

Sarapan pagi itu amat sangat penting tau gak kenapa, soalnya kita beraktifitas dimulai di pagi hari, dan untuk memulai aktifitas itu tentu kita membutuhkan asupan energi yang cukup, nah energi bisa kita peroleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh kita.

Ketika tidur di malam hari, kurang lebih sekitar 8jam, kita tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, namun tubuh kita tetap melakukan pembakaran kalori. sehingga disaat kita bangun, tubuh membutuhkan kembali asupan energi yang telah digunakan selama proses kita tidur.

Dr Inge Paramadhi Ms,Sp , GK menjelaskan, sarapan sangat bermanfaat sebagai penambah sumber energi serta zat pembangun dan zat pengatur. Selain itu, sarapan juga berperan menjaga kesehatan tubuh dan mempererat hubungan keluarga.

“Saat tidur malam, tubuh memakai cadangan makanan untuk melakukan aktivitas organ-organ penting. Karenanya, sarapan berperan mengisi kembali cadangan makanan yang telah terpakai selama kita tidur,” jelas Inge.

Selain itu sarapan juga penting untuk memberikan energi kepada otak kita untuk berpikir. Jika perut dibiarkan dalam keadaan lapar, tentu aktivitas yang kita jalani dalam hari itu tidak berjalan baik karena kita kekurangan konsentrasi.

Konsentrasi terganggu karena perut yang kelaparan. Jadi selama kita beraktivitas, bisa jadi yang dipikirkan bukanlah aktivitas kita sekarang, melainkan menu makanan untuk makan siang karena sudah terlampau lapar. Rasa lapar akan membuat kita tidak berkonsentrasi menjalani aktivitas.

So guys, mulai sekarang gak ada salahnya kalau kita memulai pagi kita dengan sarapan pagi, gak harus dengan makanan berat seperti nasi, makanan2 mengandung karbohidrat pengganti nasi pun bisa kita santap, seperti roti gandum, oat meal ataupun makanan2 lain yang tidak terlalu mengenyangkan. 🙂

Semoga bermanfaat.

 

follow twitter saya di @fdzgufron

 

sumber gambar: google.com

firdaus

betul sekali dik dhieka, walaupun kita sedang melakukan diet, sarapan pagi itu sangatlah penting. mungkin dik dhieka bisa sarapan pagi dengan minum susu, ataupun makan roti gandum atau oatmeal. sukses untuk dietnya 🙂

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*